Minggu, 15 Februari 2015

Ketika aku jatuh cinta


"Ketika Aku Jatuh Cinta"๐Ÿ’–
                  Wedding Series #1
         Ust Muhammad Nuzul Dzikry ,  LC
           Ahad , 26 Rabiul Tsani 1436H

⚠Jatuh cinta tidak terlarang  di dalam Islam
๐Ÿ“–Al imran : 14
Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga).
》Syahwat yang Allah sebutkan disini dari Annisa , anak anak , harta dunia.
》Sehingga  memang Allah telah memberikan perasaan dalam diri kita syahwat dan yang pertama kali disebutkan adalah syahwat kepada Annisa ( perempuan)  ini untuk laki laki , jika perempuan berarti syahwat kepada laki laki karena kaidah fiqih mengatakan bahwa :
"Apa yang berlaku bagi laki laki itu berlaku bagi wanita kecuali ada dalil yang memisahkan ". Maka , jatuh cinta adalah rasa yang wajar.

Lalu , jika kita Jatuh Cinta apa yang harus kita lakukan? Maka langkah langkah nya :

๐Ÿ’œ Hubungi Allah
》Jika perasaan itu timbul langsung hubungi Allah.
๐Ÿ“– Al baqarah  216
Diwajibkan atas kamu berperang, padahal berperang itu adalah sesuatu yang kamu benci. Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.

》Karena bisa jadi yang menurut kita baik belum tentu  baik menurut Allah  dan sebaliknya .  Allah lah yang Maha mengetahui dan ini ditegaskan dalam firman Allah :

๐Ÿ“– Al an'am 59
Dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang ghaib; tidak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri, dan Dia mengetahui apa yang di daratan dan di lautan, dan tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya (pula), dan tidak jatuh sebutir biji-pun dalam kegelapan bumi, dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering, melainkan tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfudz)"

》Maka jangan pernah  sok tahu dan sok pintar ketika kita jatuh cinta
》Kembalilah , kembalilah kepada Allah ketika kita jatuh cinta.
》Kita mengharapkan hubungan jangka panjang ,hingga akhirat  maka mintalah petunjuk kepada Allah ketika kita jatuh cinta.
》Konsultasi kepada Allah , istikharahlah :

๐Ÿ‘‰Do'a istikharah

ุงู„ู„َّู‡ُู…َّ ุฅِู†ِّู‰ ุฃَุณْุชَุฎِูŠุฑُูƒَ ุจِุนِู„ْู…ِูƒ ูˆَุฃَุณْุชَู‚ْุฏِุฑُูƒَ ุจِู‚ُุฏْุฑَุชِูƒَ ، ูˆَุฃَุณْุฃَู„ُูƒَ ู…ِู†ْ ูَุถْู„ِูƒَ ุงู„ْุนَุธِูŠู…ِ ، ูَุฅِู†َّูƒَ ุชَู‚ْุฏِุฑُ ูˆَู„ุงَ ุฃَู‚ْุฏِุฑُ ูˆَุชَุนْู„َู…ُ ูˆَู„ุงَ ุฃَุนْู„َู…ُ ูˆَุฃَู†ْุชَ ุนَู„ุงَّู…ُ ุงู„ْุบُูŠُูˆุจِ ، ุงู„ู„َّู‡ُู…َّ ุฅِู†ْ ูƒُู†ْุชَ ุชَุนْู„َู…ُ ุฃَู†َّ ู‡َุฐَุง ุงู„ุฃَู…ْุฑَ ุฎَูŠْุฑٌ ู„ِู‰ ูِู‰ ุฏِูŠู†ِู‰ ูˆَู…َุนَุงุดِู‰ ูˆَุนَุงู‚ِุจَุฉِ ุฃَู…ْุฑِู‰ ูَุงู‚ْุฏُุฑْู‡ُ ู„ِู‰ ูˆَูŠَุณِّุฑْู‡ُ ู„ِู‰ ุซُู…َّ ุจَุงุฑِูƒْ ู„ِู‰ ูِูŠู‡ِ ، ูˆَุฅِู†ْ ูƒُู†ْุชَ ุชَุนْู„َู…ُ ุฃَู†َّ ู‡َุฐَุง ุงู„ุฃَู…ْุฑَ ุดَุฑٌّ ู„ِู‰ ูِู‰ ุฏِูŠู†ِู‰ ูˆَู…َุนَุงุดِู‰ ูˆَุนَุงู‚ِุจَุฉِ ุฃَู…ْุฑِู‰ ูَุงุตْุฑِูْู‡ُ ุนَู†ِّู‰ ูˆَุงุตْุฑِูْู†ِู‰ ุนَู†ْู‡ُ ، ูˆَุงู‚ْุฏُุฑْ ู„ِู‰ ุงู„ْุฎَูŠْุฑَ ุญَูŠْุซُ ูƒَุงู†َ ุซُู…َّ ุฃَุฑْุถِู†ِู‰

“Allahumma inni astakhii-ruka bi ‘ilmika, wa astaq-diruka bi qud-ratika, wa as-aluka min fadh-likal adziim, fa in-naka taq-diru wa laa aq-diru, wa ta’lamu wa laa a’lamu, wa anta ‘allaamul ghuyub. Allahumma in kunta ta’lamu anna hadzal amro khoiron lii fii diinii wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii faq-dur-hu lii, wa yas-sirhu lii, tsumma baarik lii fiihi. Wa in kunta ta’lamu anna hadzal amro syarrun lii fii diinii wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii, fash-rifhu ‘annii was-rifnii ‘anhu, waqdur lial khoiro haitsu kaana tsumma ardhi-nii bih”

Ya Allah, sesungguhnya aku beristikharah pada-Mu dengan ilmu-Mu, aku memohon kepada-Mu kekuatan dengan kekuatan-Mu, aku meminta kepada-Mu dengan kemuliaan-Mu. Sesungguhnya Engkau yang menakdirkan dan aku tidaklah mampu melakukannya. Engkau yang Maha Tahu, sedangkan aku tidak tahu. Engkaulah yang mengetahui perkara yang gaib. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa perkara ini baik bagiku dalam urusanku di dunia dan di akhirat, (atau baik bagi agama, kehidupan, dan akhir urusanku), maka takdirkanlah hal tersebut untukku, mudahkanlah untukku dan berkahilah ia untukku. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa perkara tersebut jelek bagi agama, kehidupan, dan akhir urusanku (atau baik bagiku dalam urusanku di dunia dan akhirat), maka palingkanlah ia dariku, dan palingkanlah aku darinya, dan takdirkanlah yang terbaik untukku apapun keadaannya dan jadikanlah aku ridha dengan ketetapaanMu. ” (HR. Ahmad, Al-Bukhari, Ibn Hibban, Al-Baihaqi dan yang lainnya).

》Minta petunjuk kepada Allah , istikharah kepada Allah , benar diakah yang terbaik untukMu atau tidak.
Maka semakin merasa jatuh cinta makinlah mendekat kepada Allah karena masalah terberat yang dihadapi manusia adalah keluarga  maka libatkanlah Allah dari awal.
๐Ÿ“–  HR : Jagalah Allah maka Allah akan menjagamu

》Jatuh cinta adalah perasaan bahagia maka buatlah perasaan itu makin mendekat kepada Allah.

๐Ÿ’œ Mengontrol  perasaan itu

⚠Dalam Islam ketika kita jatuh cinta maka kita harus jauh lebih cinta kepada Allah dan Rasulullah shallallahu  alaihi  wassalam

๐Ÿ“–At taubah 24
Katakanlah: "jika bapa-bapa, anak-anak, saudara-saudara, isteri-isteri, kaum keluargamu, harta kekayaan yang kamu usahakan, perniagaan yang kamu khawatiri kerugiannya, dan tempat tinggal yang kamu sukai, adalah lebih kamu cintai dari Allah dan Rasul-Nya dan dari berjihad di jalan-Nya, maka tunggulah sampai Allah mendatangkan keputusan-Nya". Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang fasik.
》Seorang yang mencintai seseorang , jika ia lebih memperhatikan  pasangannya hingga  ia lalai dengan Allah jangan berharap banyak dengan hubungan seperti itu akan hancur, memang tidak langsung bisa jadi istidroj.
》Ketika  kita bisa mengontrol  perasaan kita maka kita bisa berfikir objective ,  karena jika sampai buta maka tidak akan berfikir  objective dan tidak bisa melihat kekurangan dia padahal itu yang paling penting  apakah kita bisa melanjutkan ini apa tidak dan satu satunya cara agar bisa tidak buta dan objective maka tempatkan Allah dan RasulNya lebih kamu cintai dari apapun

๐Ÿ’œ Gunakan syariat Allah sebagai payung hukum kita

》Pastikan hubungan kita dibangun atas dasar firman Allah dan hadits  Rasulullah  shallallahu  alaihi  wassalam .
》Pastikan dari awal karena jika salah di awal maka akan FATAL
๐Ÿ“– Al Anfal 24
Hai orang-orang yang beriman, penuhilah seruan Allah dan seruan Rasul apabila Rasul menyeru kamu kepada suatu yang memberi kehidupan kepada kamu, ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah membatasi antara manusia dan hatinya dan sesungguhnya kepada-Nya-lah kamu akan dikumpulkan.
》Maka setiap  interaksi yang kita lakukan dalam hubungan kita di awal , setiap apa yang kita lakukan harus dengan koridor syar'i

⚠ Dan PACARAN bukan jalannya...bukan jalan yang Allah ridhai

๐Ÿ“– HR Muslim Bukhari  : Allah telah menetapkan anak adam itu pasti punya andil dalam zina dan zinanya mata melihat , dan kedua telinga zinanya adalah mendengar, dan lisan zinanya adalah  berbicara  dan kedua tangan berzina dan zinanya menyentuh dan kedua kaki zinanya adalah  berjalan dan hati berzina dengan memikirkan dan menghayalkan dan puncaknya ada di kemaluan akan mendustakan atau membenarkan

๐Ÿ“– Al isra 32
Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk.

⚠ Dan semua hal zina diatas pasti  ada dalam berpacaran. Pacaran Islami itu tidak ada karena khalwat saja Allah melarang.

๐Ÿ”นZina mata : adakah pacaran tidak saling melihat ?
๐Ÿ”นZina mendengar : adakah pacaran tidak mendengar  ucapan manja pasangannya?
๐Ÿ”นZina lisan : adakah pacaran tidak ada rayuan?
๐Ÿ”นZina tangan : adakah pacaran tidak ada bersentuhan?
๐Ÿ”น Zina kaki : adakah pacaran  tidak  pernah jalan berdua ?
๐Ÿ”น Zina hati : adakah  pacaran  tidak pernah  memikirkan pasangannya?
Dan klimaksnya adalah pacaran.

๐Ÿ“– HR : dan tidaklah seorang laki laki berdua duan dengan wanita maka ketiganya syaithon .
》Bahkan khalwat dalam alasan apapun tidak diperbolehkan , bahkan dalam alasan ibadah pun HARAM
๐Ÿ“– Ulama berkata : Janganlah laki laki dan perempuan  berdua duan meski dengan dalih tahsin al qur'an .
》Bahkan Ulama melarang seorang laki laki mengimami seorang wanita di ruang yang tidak ada orang lain satupun. Ini pun tidak boleh apalagi yang lain.
》Karena jika syaithon  sudah menjadi orang ketiga jangan harap selamat , karena syaithon   itu sudah canggih dalam menggoda manusia. Syaithon  sudah sukses menggoda anak anak nabi ketika anak nabi yaqub menyeburkan ke sumur anak nabi yusuf , bahkan syaithon  sudah berhasil mengusir Nabi adam yang jelas jelas sudah melihat Syurga . Maka , jangan terlalu pede bisa selamat dari syaithon ,  jangan salah bermain.
๐Ÿ‘‰ Kisah maryam
๐Ÿ“– Maryam 17 18
maka ia mengadakan tabir (yang melindunginya) dari mereka; lalu Kami mengutus roh Kami kepadanya, maka ia menjelma di hadapannya (dalam bentuk) manusia yang sempurna.
Maryam berkata: "Sesungguhnya aku berlindung dari dirimu kepada Tuhan Yang Maha pemurah, dan bertakwalah kepadaNya jika kamu seorang yang bertakwa".

》Maryam adalah wanita terbaik di bumi , tidak berani berdua duaan dengan lelaki

๐Ÿ“– HR : Sesungguhnya  wanita  terbaik  di bumi adalah maryam.

๐Ÿ’œ Ta'aruf
》Proses pra nikah
⚠Detail di kajian " Ta'aruf  Pra  Wedding  " lalu

๐Ÿ’œ Fit and proper test
๐Ÿ‘‰Ketika Khadijah mendengar tentang Muhammad  shallallahu  alaihi  wassalam   beliau tidak  langsung mendekati diri tapi beliau melakukan test kepadanya dengan berbisnis dengan nya , menjual dagangannya di negeri madinah. Karena untuk mengenali orang itu seperti Umar bin khattab adalah apakah pernah kita bersafar dengannya , pernah bermuamalah dengannya atau bermalam dengannya.
Oleh karena itu , Khadijah memberikan test kepada Rasulullah  shallahu  alaihi  wassalam dan ternyata bahwa Rasulullah  akhlaqnya sangat mulia maka Khadijah kemudian menyampaikan  itikadnya kepada Rasulullah  shallahu  alaihi  wassalam .
๐Ÿ“– Imam Ahmad bin Hambal : Jika anda ingin menikah dengan pelacur yang bertaubat maka test dulu
》menge testnya dengan menyuruh seseorang  yang tidak ia kenal untuk mengajaknya berzina lagi apakah benar benar bertaubat  atau tidak.

๐Ÿ’œ Libatkan orang lain untuk  mengenal orang tersebut
》Ketika khadijah meng test Muhammad beliau meminta Maisyaroh untuk mendampingi Muhammad shallallahu  alaihi  wassalam  dan tugasnnya hanyalah melihat
》Maka libatkanlah orang lain untuk melakukan test tersebut.

๐Ÿ’œ Jika wanita jatuh cinta tapi tidak ada sinyal balasan maka yang perlu dilakukan?
๐Ÿ‘‰Caranya adalah dengan jemput bola , sampaikan keinginan kita kepada laki laki tersebut yaitu dengan orang lain , seperti yang di lakukan Khadijah ketika meminta sahabat nya untuk menyampaikan  itikadnya kepada Rasululllah  shallallahu  alaihi  wassalam .
》Melangkah maju kepada seorang  ikhwan bagi seorang  akhowat  bukan hal tercela karena mungkin bisa jadi sang ikhwan sebenarnya  ingin menikah tapi hanya sedang sibuk mungkin dengan kerja atau studynya tapi jika ada akhowat yang datang dia akan berfikir dua kali .
》Justru dengan ini kita akan menguji kesholehan dia , jika orang itu benar benar sholeh dia akan tetap memuliakanmu meski dia menolakmu dan jika ia menghinamu maka bersyukurlah maka berarti dia bukan lelaki yang baik.
》Tapi sebagai seorang wanita jagalah kemulianmu karena  Allah itu punya  rahasia sendiri menemukanmu dengan jodohmu.
Dan manusia itu cocok cocokan , tidak semua orang yang sholeh itu cocok dengan seorang yanv sholeha.

๐ŸŒพ Tanya Jawab ๐ŸŒพ
๐Ÿ’— Jika orang yang kita cintai bukan jodoh kita apakah itu merupakan ujian buat kita?
》Tidak semua rasa cinta itu di ridhoi oleh Allah. Cinta yang di ridhoi Allah adalah karena Allah. Bisa jadi cinta itu karena ke cenderungan bukan karena Allah.
๐Ÿ“– Makna cinta karena Allah menurut Al hakim ibn najar adalah cinta itu tidak bertambah karena kebaikan personal atau pribadi dan tidak berkurang karena keburukan personal atau pribadi.
》Intinya parameternya adalah hubungan dengan Allah
๐Ÿ“– Ibn Qayyim : Seseorang  yang menyukai  seseorang karena sesuatu  maka suatu saat dia akan meninggalkan kita ketika sesuatu itu hilang dari kita.
》Dunia ini fana maka cintailah karena Allah
》Maka ketika jatuh cinta kembalilah kepada Allah, minta petunjuk kepada Allah.

๐Ÿ’—Kriteria calon suami dan istri ideal ?
๐Ÿ‘‰ Ada dimateri ta'aruf pra  wedding secara detail
Tapi intinya adalah dua hal :
1. Soleh / Sholeha , agamanya baik.
2. Kamu suka secara fisik , ada ketertarikan secara personality

๐Ÿ’— Tanda istikharah
》Bisa dengan  mimpi tapi tidak harus dengan mimpi tapi bisa dengan banyak hal.
Banyak cara Allah menunjukkan  istikharah kita.

๐Ÿ’—  Berkhalwat dan ikhtilat
》Khalwat berdua duaan , tidak ada orang lain di sampingnya
》 Ikhtilat bercampur baur
》Wanita harus berbicara dengan tegas
๐Ÿ“– Al ahzab 32
Maka janganlah kamu tunduk dalam berbicara sehingga berkeinginanlah orang yang ada penyakit dalam hatinya

๐Ÿ’— Bagaimana jika kita menikah belum  cinta ?
》Menikah memang tidak harus jatuh cinta . Paling tidak ketika akan menikah sudah ada chemistry   (klik) dan untuk cinta bisa dipupuk dengan hal itu.

๐Ÿ’— Bagaimana jika kita menikah dan tidak ada rasa cinta.
》Ini tidak direkomendasikan  dalam agama seperti kisah habib bin qois dan istrinya.
Pernikahan keduanya tidak harmonis karena diriwayatkan bahwa istrinya mendatangi Rasulullah  berkata : "Ya Rasulullah  aku tidak pernah mencela suamiku dari sisi ibadah dan akhlaq tapi aku khawatir aku bisa kufur nikmat. Aku khawatir jika aku paksakan maka aku bisa membalas kebaikan suamiku dgn keburukan . Maka bolehkah aku meminta cerai ?" Kemudian Rasulullah  membolehkannya.
》Ini masalah cinta dan selera , tidak bisa dipaksakan. Maka dalam pernikahan harus ada rasa cinta di dalamnya.

๐Ÿ’— Dalam firmannya Allah berfirman bahwa  Laki laki baik untuk wanita baik baik , laki laki yang buruk untuk wanita yang buruk. Tapi bagaimanakah kisah nabi luth dan nabi nuh dan istri fir'aun ( asiyah)?
》Ayat ini turun ketika aisyah di fitnah
》Kisah nabi nuh , nabi luth dan asiyah itu tidak langgeng , mereka dipisahkan ketika di akhirat.

๐Ÿ’—Bagaimana mengontrol hawa nafsu
》Fitnah  terberat bagi laki laki  adalah wanita
》Fitnah pertama yang di alami bani Israil adalah wanita
》Maka jawaban baik dari pertanyaan ini adalah
1. Manfaatkan waktu dengan  baik , jangan sampai ada waktu kosong , sibukkan dengan kesholehan.
2. Bermunajat  kepada Allah .
3. Bergaul dengan orang orang sholeh.
4. Batasi komunikasi dgn lawan jenis kecuali ada hajat / keperluan
5. Menikahlah
Karena menikah bisa menundukkan pandangan dan kemaluan. Jika tidak mampu maka puasalah.

๐Ÿ’— Apakah orang tua boleh turut serta mengecek calon anak perempuannya?
》Boleh apalagi kalau anak kita sudah suka dan tidak  objective . Tapi jangan berlebihan.

๐Ÿ’— Mengetahui apakah wanita itu subur atau tidak ?
》Perlu diketahui ini adalah  sunnah bukan wajib
》Bisa lihat dari keluarganya
》Bisa di test jika wanitanya mengizinkan

๐Ÿ’—Apakah wanita yang sudah bertaubat dari pergaulan bebas akan memperoleh laki laki baik?
》Iya karena seorang  yang bertaubat itu seperti bersih dari dosanya.
》Dan jika sudah ketemu calonnya kalau tidak ditanyakan soal ke virginan jangan diberi tau karena Allah sudah menutup tapi jika ditanya jawablah karena itu hak dia.

๐Ÿ’— Apakah memutuskan untuk  ta'aruf kapan waktunya  udah ada?
》Jika memang sudah ada calon maka segera lakukan ta'aruf , karena jika kelamaan bisa jadi zina

๐Ÿ’— Apakah  salah jika laki laki ingin menikah wanita yang lebih baik agamanya dari kita?
》Tidak salah , tapi apa wanita mau dengan anda atau tidak ? Karena seorang wanita yang lebih baik agamanya itu akan sangat paham bahwa untuk mencari pasangan akan memilih  yang lebih baik agama dan mempunyai jiwa kepemimpinan buat dia. Jadi anda memiliki kriteria , akhwat  itu juga memiliki kriteria tapi jika akhwat nya mau ya tidak masalah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar