Rabu, 25 November 2015

Beriman Kepada Para Malaikat

🍃Kitab Minhajul Muslim - Bab I : Akidah 🍃
Pasal kelima : Beriman Kepada Para Malaikat
Ustadz Dr.Khalid Basalamh, Ma
Masjid Imanudin Bintaro
Senin, 11 Shafar 1437 H /  23 November 2015

📙 Materi

▶ Rukun iman ke-2 adalah Beriman kepada Malaikat.
▶ Berasal dari kata malak, jamaknya malaikat.
📚 HR. Malaikat diciptakan dari cahaya, jin dari api, dan manusia dari tanah.
▶ Malaikat diciptakan Allah dari cahaya dan langsung sempurna.
▶ Wujud para malaikat telah dijabarkan di dalam Al Qur'an ada yang memiliki sayap sebanyak 2, 3 dan 4.
📖 Qs. Faathir ( 35:1 ) yang berbunyi: 
“ Segala puji bagi Allah Pencipta langit dan bumi, Yang menjadikan malaikat sebagai utusan-utusan (untuk mengurus berbagai macam urusan) yang mempunyai sayap, masing-masing (ada yang) dua, tiga dan empat. Allah menambahkan pada ciptaan-Nya apa yang dikehendaki-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. (Faathir 35:1) ” 
▶ Malaikat yang kecil memiliki 2, 3, 4 sayap kanan dan kiri, Malaikat yang besar Jibril memiliki 600 ekor sayap, dan jika 1 sayapnya dikibaskan kebumi maka bumi akan hancur.
▶ Malaikat lebih besar dari manusia secara postur dan kepemilikan sayap.
▶ Jumlah malaikat banyak dan tidak terhingga.
▶ Tugas malaikat diantaranya, meniup angin, mengurus gunung, mengatur kadar oksigen dan air, mengatur populasi makhluk, keseluruhannya dirawat dan dijaga malaikat, malaikat memenuhi langit dan bumi.
📩 syekh abu bakar, berkata : seorang muslim meyakini bahwa Malaikat, mereka adalah makhluk Allah paling mulia, hamba Allah yang dimuliakan, yang diciptakan langsung dari cahaya, yang memiliki tugas-tugas, ada yang bertugas menjaga manusia dan mencatat amal perbuatannya, mengurus dengan segala kenikmatan, mengurus neraka dengan segala azab yang ada padanya, ada yang bertugas bertasbih sepanjang siang malam tidak pernah jemu.
ada malaikat muqarrabun (yang didekatkan kepadaNya) seperti malaikatbJibril, Mika'il dan israfil, dan berikutnya.

🌿 Dalil Naqli :
📌 1. Perintah Allah agar beriman kepada para Malaikat
📖 Qs. An-Nisa : 136

ُ وَمَنْ يَكْفُرْ بِاللَّهِ وَمَلائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلالا بَعِيدًا
"Dan Barangsiapa yang kafir kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sesungguhnya, orang itu telah sesat sejauh-jauhnya." – (QS.4:136)
📖 Al-Baqarah : 98

مَنْ كَانَ عَدُوًّا لِلَّهِ وَمَلائِكَتِهِ وَرُسُلِهِ وَجِبْرِيلَ وَمِيكَالَ فَإِنَّ اللَّهَ عَدُوٌّ لِلْكَافِرِينَ
"Barangsiapa yang menjadi musuh Allah, malaikat-malaikat-Nya, rasul-rasul-Nya, Jibril dan Mikail, maka sesungguhnya, Allah adalah musuh orang-orang yang kafir." – (QS.2:98)
📖 An-Nisa : 172

لَنْ يَسْتَنْكِفَ الْمَسِيحُ أَنْ يَكُونَ عَبْدًا لِلَّهِ وَلا الْمَلائِكَةُ الْمُقَرَّبُونَ وَمَنْ يَسْتَنْكِفْ عَنْ عِبَادَتِهِ وَيَسْتَكْبِرْ فَسَيَحْشُرُهُمْ إِلَيْهِ جَمِيعًا
"Al-Masih sekali-kali tidak enggan menjadi hamba bagi Allah, dan tidak (pula enggan) malaikat-malaikat, yang terdekat (kepada Allah). Barangsiapa yang enggan dari menyembah-Nya, dan menyombongkan diri, nanti Allah akan mengumpulkan mereka semua kepada-Nya." – (QS.4:172)
▶ Malaikat-Malaikat tidak enggan menjadi Hamba Allah, yang kufur hanya sebagian kecil saja, hanya dari kalangan jin dan manusia saja, air angin, batu semua beriman kepada Allah tau akan Tuhannya. pohon bersyahadat, unta takluk.
📖 Al-Haqqah : 17

وَيَحْمِلُ عَرْشَ رَبِّكَ فَوْقَهُمْ يَوْمَئِذٍ ثَمَانِيَةٌ
"Dan pada hari (kiamat) itu delapan orang malaikat menjunjung 'Arsy Rabb-mu di atas (kepala) mereka." – (QS.69:17)
📖 Al-Mudatsir : 31

وَمَا جَعَلْنَا أَصْحَابَ النَّارِ إِلا مَلائِكَةً
"Dan tiada Kami jadikan penjaga neraka itu, melainkan dari malaikat...."
📚 Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda,

أُذِنَ لِى أَنْ أُحَدِّثَ عَنْ مَلَكٍ مِنْ مَلاَئِكَةِ اللَّهِ مِنْ حَمَلَةِ الْعَرْشِ إِنَّ مَا بَيْنَ شَحْمَةِ أُذُنِهِ إِلَى عَاتِقِهِ مَسِيرَةُ سَبْعِمِائَةِ عَامٍ
“Aku telah diizinkan untuk mengabarkan tentang para malaikat pemikul ‘arsy, sesungguhnya satu malaikat, jarak antara daun telinga sampai ke bahunya, sejauh perjalanan 700 tahun.” [HR. Abu Daud dari Jabir bin Abdillah radhiyallahu’anhuma, Ash-Shahihah: 151]
▶ Malaikat yang akan datang ke pintu surga mengucapkan salam
📖 Ar-Rad : 23-24
وَالْمَلائِكَةُ يَدْخُلُونَ عَلَيْهِمْ مِنْ كُلِّ بَابٍ
sedang malaikat-malaikat masuk (berkunjung) ke tempat-tempat mereka dari semua pintu." – (QS.13:23)

سَلامٌ عَلَيْكُمْ بِمَا صَبَرْتُمْ
"(sambil mengucapkan): 'Salamun 'alaikum bima shabartum' (keselamatan atas berkat kesabaranmu) (QS.13:24)
📖 Al-Baqarah : 30

وَإِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلائِكَةِ إِنِّي جَاعِلٌ فِي الأرْضِ خَلِيفَةً قَالُوا أَتَجْعَلُ فِيهَا مَنْ يُفْسِدُ فِيهَا وَيَسْفِكُ الدِّمَاءَ وَنَحْنُ نُسَبِّحُ بِحَمْدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَ قَالَ إِنِّي أَعْلَمُ مَا لا تَعْلَمُونَ
Ingatlah, ketika Rabb-mu berfirman kepada para Malaikat: 'Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi'. Mereka berkata: 'Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu, orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih, dengan memuji Engkau, dan mensucikan Engkau'. Rabb berfirman: 'Sesungguhnya, Aku mengetahui, apa yang tidak kamu ketahui'." – (QS.2:30)
📖 QS.Al maarij (70 : 3 dan 4)

مِنَ اللَّهِ ذِي الْمَعَارِجِ
"(Yang datang) dari Allah, Yang mempunyai tempat-tempat naik." – (QS.70:3)

تَعْرُجُ الْمَلائِكَةُ وَالرُّوحُ إِلَيْهِ فِي يَوْمٍ كَانَ مِقْدَارُهُ خَمْسِينَ أَلْفَ سَنَةٍ
"Malaikat-malaikat dan Jibril naik (menghadap) kepada Rabb dalam sehari, yang kadarnya limapuluh ribu tahun." – (QS.70:4)

📖 al-mursalat : (77 :1-5)
  وَالْمُرْسَلاتِ عُرْفًا (١) فَالْعَاصِفَاتِ عَصْفًا (٢) وَالنَّاشِرَاتِ نَشْرًا   (٣) فَالْفَارِقَاتِ فَرْقًا (٤) فَالْمُلْقِيَاتِ ذِكْرًا (٥)

"Demi (malaikat-malaikat) yang diutus untuk membawa kebaikan, dan (malaikat-malaikat) yang terbang dengan kencangnya, dan (malaikat-malaikat) yang menyebarkan (rahmat Allah) dengan seluas-luasnya, dan (malaikat-malaikat) yang membedakan (antara yang baik dan yang buruk) dengan sejelas-jelasnya, dan (malaikat-malaikat) yang menyampaikan wahyu,
📖 QS. an-nazi'at (79 : 1-5)

وَالنَّازِعَاتِ غَرْقًا (١) وَالنَّاشِطَاتِ نَشْطًا (٢) وَالسَّابِحَاتِ سَبْحًا   (٣) فَالسَّابِقَاتِ سَبْقًا (٤) فَالْمُدَبِّرَاتِ أَمْرًا (٥)
"Demi (malaikat) yang mencabut (nyawa) dengan keras, dan (malaikat) yang mencabut (nyawa) dengan lemah lembut. Demi (malaikat) yang turun dari langit dengan cepat, dan (malaikat) yang mendahului dengan kencang, dan (malaikat) yang mengatur urusan (dunia).

📌 2. Berita dari Rasulullah tentang mereka berdasarkan sabdanya dalam doanya ketika shalat malam :
▶ doa iftitah :
📚 " Ya Allah, Rabb bagi jibril, Mikail dan Israfil, Pencipta langit dan bumi, Yang Maha Mengetahui alam ghaib dan alam nyata, Engkau-lah yang akan memberikan keputusan diantara hamba-hambaMu di dalam apa yang mereka perselisihkan, Tunjukkanlah aku, dengan izinMu, kepada kebenaran yang diperselisihkan itu. Sesungguhnya Engkau-lah yang dapat memberi petunjuk kepada siapa saja yang Engkau kehendaki kepada jalan yang lurus." [HR.Muslim]
↪barang siapa membacanya maka akan diselamatkan oleh Allah dari perselisihan manusia.
📚 Beliau bersabda "Langit berbunyi (bagaikan bunyi unta yang menanggung beban berat), dan sangat layak baginya untuk berbunyi seperti itu. Tidaklah didalamnya ada tempat seluas empat jari, melainkan pasti ada malaikat yang sedang sujud. [HR.Ahmad]
📚 "Sesungguhnya Baitul Ma'mur itu, setiap hari dimasuki oleh 70.000 malaikat, lalu mereka tidak kembali lagi. [HR.Bukhari Muslim]
📚 "Apabila hari jum'at tiba, maka pada setiap pintu masjid ada malaikat yang mencatat setiap orang masuk yang paling awal, lalu yang lebih awal (daripada yang setelahnya). Lalu apabila imam telah duduk (dimimbar), maka mereka menutup lembaran-lembaran catatan itu dan mereka turut datang untuk mendengarkan nasihat (khutbah). [HR.Bukhari]
↪ harusnya setiap muslim buru-buru datang ke masjid, jika dia datang diwaktu pertama dia sama seperti bersedekah unta, diwaktu kedua seperti bersedekah seekor sapi, waktu ketiga sama seperti bersedekah domba bertanduk, waktu keempat seekor ayam, waktu kelima telur, setelah imam diatas mimbar berkhutbah maka para malaikat menutup buku mereka, dan mendengarkan khutbah.
▶ kapan waktu pertama?
Pendapat pertama : sebelum subuh sudah berada dimasjid, sudah mandi jumat, tinggal dimasjid sampai hari jumat, libur pada hari jumat dan tidak pulang.
Pendapat kedua : tidak ada penentuan waktu, Allah merahasiakannya, tujuannya agar muslim berusaha maksimal, bisa 2 jam sebelum waktu jum'at. ( *lebih condong)
📚 "Kadang-kadang para malaikat Jibril itu tampak kepadaku (dalam bentuk manusia), lalu ia berbicara kepadaku, dan aku pun menyadari apa yang ia katakan. [HR.Bukhari]
📚 "Para malaikat malam dan malaikat siang itu bergantian mengawasi kalian. [HR.Bukhari]
📚 Malaikat diciptakan dari Nur (cahaya), jin diciptakan dari nyala api dan Adam diciptakan dari apa yang telah dijelaskan kepada kalian. [HR.Muslim]

📌  3. Penglihatan sejumlah besar para sahabat Nabi shallallahu a'laihi wasallam kepada malaikat di dalam perang badar, juga penglihatan mereka secara kolektif tidak hanya satu kali kepada malaikat Jibril pembawa wahyu yang terpercaya, dimana kadang-kadang jibril datang dalam rupa sahabat nabi yang bernama Dihyah al-Kalbi, maka dari itu mereka dapat menyaksikannya. Diantara riwayat yang paling masyhur dalam hal ini adalah hadist Umar bin Khattab yang didalamnya disebutkan sabda Rasulullah "Apakah kalian mengetahui siapa gerangan orang yang bertanya tadi? para sahabat menjawab, "Allah dan RasulNya yang lebih tahu. "Rasulullah bersabda "Dia adalah Jibril, ia datang kepada kalian untuk mengajarkan kepada kalian tentang Din (agama) kalian.
📩 umar bin khattab menjelaskan bahwa orang tsb berambut hitam, bajunya bersih, tidak ada tanda-tanda safar.
~> memasukkan wahyu kedalam hati, nabi tau itu wahyu.
~> Dihyah al-Kalbi orang yang gagah, alim, pemberani, Jibril seringkali menjelma menjadi dia.
📩 Ali bin ali thalib pernah berkata, Rasul didampingi 2 orang berbaju putih, Jibril dan mikail.
📩 Usaid bin Hudhair ra, jika membaca Al-Quran suaranya indah, pada suatu hari saat sehabis sholat malam sambil menunggu subuh karena panas ia keluar dan membaca Al-qur'an di halaman rumah, unta yang diikat dipohon kurma pada saat itu meronta, lalu ia pun diam, kudanya pun diam. kemudian ia membaca lagi, kudanya meronta lagi, sampai 3 kali, saya tidak sengaja mengangkat kepala ada cahaya putih menembus langit, ia bercerita kepada Rasulullah, dan Rasulullah berkata itu adalah malaikat dan andaikata engkau terus membaca sampai pagi maka seluruh penduduk akan menyaksikannya.
📩 Abbas bin abdul muthalib paman nabi ikut berperang, kaum musyrikin yang badannya kekar, tinggi, besar ditawan oleh abdullah bin mas'ud yang badannya kecil,
~ abdullah bin masud pernah suatu ketika pada saat naik kurma kainnya tersingkap dan terlihat betisnya kecil dan ia ditertawakan, Rasulullah shallallahu a'laihi wasallam bersabda "kalian menertawakan betis Ibnu Mas'ud..., sesungguhnya kedua betisnya disisi Allah lebih berat timbangannya dari gunung uhud.."
~ saat abbas bin abdul muthalib masuk islam, ia bercerita "kami ditawan oleh abdullah bin mas'ud, kalian berkata dia kecil? Demi Allah pada saat berperang seperti yang mematahkan tangan nya bukan dia, kami menyaksikan orang-orang yang berbaju putih, yang membunuh dan memerangi kami.
📚 pada saat perang badr dan jenazah orang musyrik di kumpulkan, Nabi berkata kepada para sahabat "maukah kalian aku beritahu cara membedakan antara korban kalian dengan korban malaikat? tentu ya Rasulullah, Rasulullah berkata "kalian akan temukan korban malaikat tebasan nya ada luka bakar, pedangnya ada apinya.

📌 4. Berimannya milyaran manusia pengikut para rasul pada setiap zaman dan tempat kepada para malaikat. mereka meyakini dan membenarkan apa yang diberitakan oleh para rasul tentang malaikat tanpa keraguan sedikitpun.

🌿 Dalil Aqli
1. Sesungguhnya akal sehat tidak akan mengingkari wujud malaikat dan tidak akan menafikkannya. sebab akal tidak akan mengingkari atau menafikan, kecuali ada dua hal yang saling bertentangan, seperti sesuatu dikatakan ada dan tidak ada dalam waktu yang bersamaan, atau ada dua hal yang kontradiktif, seperti ada gelap dan terang secara bersamaan. sedangkan beriman kepada malaikat sama sekali tidak demikian.
📚 HR. Bukhari, pada saat Nabi berdakwah di thaif dan di tolak, lalu nabi keluar dari thaif dengan dilempari batu dan berdarah-darah, datang Jibril dengan malaikat penjaga gunung, wahai Rasulullah engkau tinggal instruksikan saja secara otomatis, malaikat penjaga gunung akan menghimpitkan antara gunung thaif dan mekah dan mereka akan hancur, Nabi menjawab "tidak, saya masih berharap thaif mengeluarkan dari mereka orang yang beriman, dan dikabulkanlah dari suku daus lahir abu hurairah ia adalah perawi hadist terkenal.

2. Apabila sudah diakui bersama oleh segenap orang yang berakal bahwa adanya bekas (jejak) sesuatu menunjukkan adanya sesuatu tsb, maka sesungguhnya para malaikat mempunyai banyak bekas dan tanda yang mematikan wujud mereka dan menegaskannya. Diantaranya adalah :

pertama, sampainya wahyu ilahi kepada para nabi dan para rasul. sebab, kebanyakan wahyu itu sampai kepada mereka melalui ar-Ruh al-Amin yaitu malaikat Jibril, malaikat yang bertugas menyampaikan wahyu. ini adalah bekas atau tanda yang sangat jelas, tidak dapat diingkari. ini membuktikan dan menegaskan akan adanya malaikat.

kedua, kematian manusia karena ruhnya dicabut, juga merupakan tanda yang sangat jelas yang membuktikan eksistensi malaikat maut (malaikat pencabut nyawa) dan para pembantunya, sebagaimana firman Allah
📖 Qs. Sajdah (32 : 11)

قُلْ يَتَوَفَّاكُمْ مَلَكُ الْمَوْتِ الَّذِي وُكِّلَ بِكُمْ
Katakanlah: 'Malaikat maut yang diserahi untuk (mencabut nyawa)mu akan mematikan kamu... (QS.32:11)

ketiga, terjaganya manusia dari gangguan dan kejahatan jin dan setan sepanjang hidupnya, padahal manusia hidup disekeliling mereka dan mereka dapat meihatnya, namun manusia tidak dapat melihatnya. Jin dan setan dapat menyakiti dan mengganggu manusia, sedangkan manusia tidak dapat menyakiti atau mengganggu mereka atau menolak kejahatan mereka. itu semua merupakan bukti akan adanya malaikat penjaga manusia. Mereka selalu memelihara manusia dan melindunginya
📖 Qs. Ar-Rad : 11

لَهُ مُعَقِّبَاتٌ مِنْ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهِ يَحْفَظُونَهُ مِنْ أَمْرِ اللَّهِ
Bagi manusia ada malaikat-malaikat, yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah." – (QS.13:11)
↪ malaikat penjaga, mengingatkan kebaikan.
~ Hampir semua kebaikan yang terlintas dari hati manusia,
~> contoh : target bangun jam 3 untuk bangun malam, ada seperti yang membangunkan. dan ada qorin yang membisikan malam masih panjang
~> terdengar adzan, ada bisikan untuk sholat

📚 HR. Tidaklah setiap orang dari kalian kecuali telah diberitakan kepadanya qarin dari jin dan qarin dari malaikat.’ Para sahabat bertanya,’dan untukmu wahai Rasulullah? ’Rasulullah menjawab, ` Untukku juga, hanya saja Allah telah menolongku, sehingga qarinku masuk islam, dan tidak menyuruhku kecuali pada kebaikan’.“ (HR.Muslim)
~> ada malaikat, hidupmu dipenuhi kebaikan-kebaikan, bermuhasabah dan bersyukur karena dari malaikat membuat kita ingat, ada setan menutupnya dengan keburukan-keburukan, tergantung manusia mau mengikuti siapa, setan tidak bisa memaksa hanya membisikkan.

3. tidak dapat melihat sesuatu karena kelemahan pandangan mata atau karena tidak mempunyai kesiapan yang sempurna untuk melihat sesuatu itu tidak menafikan wujud sesuatu tsb. sebab banyak sekali sesuatu yang ada dialam nyata ini yang tidak dapat dilihat dengan kasat mata, namun kini bisa dilihat jelas dengan menggunakan kaca pembesar ( mikroskop).
↪ bakteri dengan alat bisa dilihat, sifat kita atau rasa suka, sedih, lapar, haus, bisa dirasakan tapi tidak bisa melihat wujudnya.
~> bukti secara akal kalau malaikat ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar