Kamis, 25 Agustus 2016

MENEMBUS BATAS LOGIKA

*MENEMBUS BATAS LOGIKA*                                          
Penulis: Ahmad Zainuddin Albanjary                                                              
- 1. _Diluar Hitungan Manusia_
- 2. _Mendulang Faedah dari Do'a Nabi Zakaria_

*1. DILUAR HITUNGAN MANUSIA!!!*

Saudaraku Muslim...
Keimanan adalah puncak kebaikan dan bentuk nyata dari keimanan adalah mengimani apapun yang ada di dalam *Al Quran* dan *hadits* yang _shahih_, meskipun terkadang *TIDAK MASUK HITUNGAN MATEMATIS KEBIASAAN MANUSIA!*

contoh:
✔- Sedekah malah menambah harta

✔- Memaafkan dan tidak membalas dendam malah menambahkan harum nama ditengah manusia

✔- Tawadhu (rendah hati) malah menambah tinggi kedudukan di depan manusia

ingin contoh yang lain...

Berdoa membuat *Nabi Zakaria* _'alaihissalam_ yang tua renta dan Istrinya yang mandul mendapat karunia anak yaitu *Yahya* _'alaihissalam_ *BAHKAN ISTRINYA YANG MANDUL JADI NORMAL*.

Saudaraku Muslim...

Begitulah, semuanya diluar hitungan matematis manusia! *DISINI HANYA PERLU IMAN SEYAKINNYA DAN AMAL SEBAIKNYA ATAS KONSEKUENSI DARI IMAN TERSEBUT!!!*

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ:
« مَا نَقَصَتْ صَدَقَةٌ مِنْ مَالٍ وَمَا زَادَ اللَّهُ عَبْداً بِعَفْوٍ إِلاَّ عِزًّا وَمَا تَوَاضَعَ أَحَدٌ لِلّهِ إِلاَّ رَفَعَه اللَّهُ »
Artinya: *_"Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu meriwayatkan bahwa Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Tidaklah sedekah mengurangi harta, tidaklah Allah menambahkan kepasa seorang hamba sifat pemaaf kecuali kekuasaan dan tidaklah seseorang merendahkan hati karena Allah melainkan Allah telah mengangkat detajatnya."_* (HR. Muslim)

🌐Sumber: channel telegram : *Ahmad Zainuddin*

🌴🌴 *2. Doa Nabi Zakariya ‘alaihissalam*

Di awal surat Maryam disebutkan bahwa Allah memberi rahmat kepada *Nabi Zakariya*,

*ذِكْرُ رَحْمَةِ رَبِّكَ عَبْدَهُ زَكَرِيَّا*

*_“(Yang dibacakan ini adalah) penjelasan tentang rahmat Tuhan-mu kepada hamba-Nya, Zakariya.”_* (QS. Maryam: 1)

Ketika beliau memohon agar dikaruniai keturunan,

إِذْ نَادَى رَبَّهُ نِدَاء خَفِيّاً * إِنِّي وَهَنَ الْعَظْمُ مِنِّي وَاشْتَعَلَ الرَّأْسُ شَيْباً وَلَمْ أَكُن بِدُعَائِكَ رَبِّ شَقِيّاً * وَإِنِّي خِفْتُ الْمَوَالِيَ مِن وَرَائِي وَكَانَتِ امْرَأَتِي عَاقِراً فَهَبْ لِي مِن لَّدُنكَ وَلِيّاً * يَرِثُنِي وَيَرِثُ مِنْ آلِ يَعْقُوبَ وَاجْعَلْهُ رَبِّ رَضِيّاً *

*_“Yaitu kala ia berdoa kepada Tuhannya dengan suara yang lembut, ‘Sungguh tulangku telah lemah dan kepalaku telah ditumbuhi uban, namun aku belum pernah kecewa dalam berdoa kepada-Mu, duhai Tuhanku. Dan sungguhnya aku khawatir terhadap mawaliku sepeninggalku, sedang istriku mandul, maka anugerahilah aku dari sisi-Mu seorang putra, yang akan mewarisiku dan mewarisi sebagian keluarga Ya’qub. Jadikanlah pula ia, duhai Tuhanku, seorang yang diridhai.'”_* (QS. Maryam: 2 – 6)

Doa Nabi Zakariya pun terkabul,

*يَا زَكَرِيَّا إِنَّا نُبَشِّرُكَ بِغُلَامٍ اسْمُهُ يَحْيَى لَمْ نَجْعَل لَّهُ مِن قَبْلُ سَمِيّاً*

*_“Wahai Zakariya, sesungguhnya Kami memberi kabar gembira kepadamu akan (beroleh) seorang anak yang bernama Yahya, yang sebelumnya Kami belum pernah menciptakan orang yang serupa dengan dia.”_* (QS. Maryam: 7)

Di dalam surat *Ali Imran* juga disebutkan tentang doa *Nabi Zakariya*,

*رَبِّ هَبْ لِي مِن لَّدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً إِنَّكَ سَمِيعُ الدُّعَاء*

*_“Duhai Tuhanku, berilah aku dari sisi-Mu seorang anak yang baik. Sungguh Engkau Maha Pendengar doa.”_* (QS. Ali Imran: 38)

Allah ‘Azza wa Jalla kabulkan doa beliau,

*فَنَادَتْهُ الْمَلآئِكَةُ وَهُوَ قَائِمٌ يُصَلِّي فِي الْمِحْرَابِ أَنَّ اللّهَ يُبَشِّرُكَ بِيَحْيَـى مُصَدِّقاً بِكَلِمَةٍ مِّنَ اللّهِ وَسَيِّداً وَحَصُوراً وَنَبِيّاً مِّنَ الصَّالِحِينَ*

*_“Kemudian Malaikat (Jibril) memanggil Zakariya, sedangkan ia tengah berdiri melakukan shalat di mihrab (katanya), ‘Sesungguhnya Allah menggembirakan kamu dengan kelahiran (seorang putramu) Yahya, yang membenarkan kalimat (yang datang) dari Allah, menjadi ikutan, menahan diri (dari hawa nafsu), dan seorang nabi yang termasuk keturunan orang-orang shalih.”_* (QS. Ali Imran: 39)

💠 *Pelajaran penting dari kisah Nabi Zakariya:*

✅ 1. Berdoa kepada Allah dengan suara yang lembut, penuh perendahan diri di hadapan Allah Rabbul ‘alamin.

✅ 2. Menyebut-nyebut nama Allah dan memuji-Nya, seperti: Ya Rabbi, wahai Tuhanku, Engkau Maha Mengabulkan doa, Engkau Maha Mendengar, Engkau Maha Pemurah, atau Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu.

✅ 3. Ada kalanya seseorang telah berdoa hingga bertahun-tahun, namun doa itu mungkin tak kunjung terkabul. Meski begitu, berdoalah dan teruslah berdoa. Jangan berputus asa. Nabi Zakariya berdoa hingga uban telah tampak di kepala beliau. Ujung kisahnya adalah kebahagiaan dengan seorang putra bernama Yahya.

✅ 4. Selain memohon agar dikaruniai anak, Nabi Zakariya juga memohon agar anak tersebut adalah seorang hamba yang Allah ridhai.

✅5. Anak merupakan rahmat Allah. Kehadirannya adalah kabar gembira. Siapa pun yang telah menikah lalu dikaruniai buah hati, hendaklah senantiasa bersyukur. Syukur itu ditancapkan dalam hati, dituturkan dengan lisan, dan diwujudkan dengan amal perbuatan. Di antara wujud syukur melalui perbuatan adalah: mendidik anak dengan benar sesuai tuntunan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, bersabar atas perilaku mereka, dan selalu mendoakan kebaikan bagi mereka.

🌐Sumber: https://muslimah.or.id/5586-doa-agar-dikaruniai-anak.html

➖➖➖
  
Repost by :  grup keluarga islami

Tidak ada komentar:

Posting Komentar