Minggu, 22 Maret 2015

Kajian: Tafsir Ibnu Katsir : Ali Imran 48-51

Senin,2 Jumadil Akhir 1436H /23 Maret 2015
Mesjid Assunnah
Pemateri : Ustadz Muhtarom 

NB : Ditulis sambil mendengarkan,hanya untuk catatan Pribadi 

[3:48] Dan Allah akan mengajarkan kepadanya Al Kitab196, Hikmah, Taurat dan Injil


[3:49] Dan (sebagai) Rasul kepada Bani Israil (yang berkata kepada mereka): "Sesungguhnya aku telah datang kepadamu dengan membawa sesuatu tanda (mu'jizat) dari Tuhanmu, yaitu aku membuat untuk kamu dari tanah berbentuk burung; kemudian aku meniupnya, maka ia menjadi seekor burung dengan seizin Allah; dan aku menyembuhkan orang yang buta sejak dari lahirnya dan orang yang berpenyakit sopak; dan aku menghidupkan orang mati dengan seizin Allah; dan aku kabarkan kepadamu apa yang kamu makan dan apa yang kamu simpan di rumahmu. Sesungguhnya pada yang demikian itu adalah suatu tanda (kebenaran kerasulanku) bagimu, jika kamu sungguh-sungguh beri

[3:50] Dan (aku datang kepadamu) membenarkan Taurat yang datang sebelumku, dan untuk menghalalkan bagimu sebagian yang telah diharamkan untukmu, dan aku datang kepadamu dengan membawa suatu tanda (mu'jizat) daripada Tuhanmu. Karena itu bertakwalah kepada Allah dan ta'atlah kepadaku.

[3:51] Sesungguhnya Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, karena itu sembahlah Dia. Inilah jalan yang lurus".



"Allah akan mengajarkan kepadanya Al Kitab, Hikmah, Taurat dan Injil "

Taurat dan Injil , Taurat kitab dari nabi Daud tapi diajarkan kpdNabi Isa juga.Ini memperlihatkan bahwa agama tiap nabi satu,Islam.Demikian juga ayah mereka smw satu.Nabi ibrahim.kecuali nabi Luth (keponakan).Nabi diatas nabi Ibrahim di luar pembahasan ini.

Al Hikmah.
Jika dlm islam hikmah yg diberikan kepada Nabi berupa sunnah.Nabi Isa punya sunnah. dsb

Al Kitab disini maksudnya? Kan sudah ada injil sudah dsebut.
Di ayat ini al kitab tdk sama Injil-Taurad.untuk diayat ini.beda lagi jk di ayat lain.
Maksudnya adalah tulis menulis.Allah ajarkan kpd nabi Isa bisa menulis dan membaca.berbeda dgn nabi Muhammad. Nabi muhammad tdk bisa membaca (refer ke kejadian saat pertama kali Jibril mendatangi Nabi di gua Hiro').

"Dan (sebagai) Rasul kepada Bani Israil..." 
 Bukan untuk orang indonesia.dll.ini dperjelas lagi diayat2 lagi.misal di surah As shaff.

Keutamaan nabi Muhammad(ada 5):
1. Masing2 nabi untuk kaumny masing.adpaun Rasul Muhammad u sluruh manusia (rahmatin lil alamin)  barangsiapa yg sudah mendengar tth ku dan tdk beriman kpd ku.maka ia kekal d neraka.ini maksud rahmatanlil alamin.untuk mengikuti syariat nabi muhammad. Menhapus syariat dr nabi2 sebelumnha
2 ...  5 (seperti nya sudah di bahas sebelumnya,saya tdk ikut)

"... telah datang kepadamu dengan membawa sesuatu ayat... "
Maksud ayat disini adalah mukjizat, tanda

Suatu ketika ibnu abbas marah pd para sahabat  yg saat itu terkagum kpd kisah ashabul kahfi yang berada dalam gua +- 300thn sedangkan tanda2 (mukjizat) banyak sekali yang bisa didapati disekitar dan terjadi setiap saat, seperti pergantian siang dan mana, dll

"...aku membuat untuk kamu dari tanah berbentuk burung; kemudian aku meniupnya, maka ia menjadi seekor burung dengan seizin Allah ..."
Biidznillah , disini Nabi Isa memulangkan keutamaan ilmu kpd Allah, artinya meagakui bahwa ini  pemberian dr Allah, kehendak Allah , dgn izin Allah

"..aku menyembuhkan orang yang buta sejak dari lahirnya dan orang yang berpenyakit sopak; dan aku menghidupkan orang mati dengan seizin Allah; dan aku kabarkan kepadamu apa yang kamu makan dan apa yang kamu simpan di rumahmu."

اكمه ada beberapa tafsiran
-buta sejak lahir
-malam tdk melihat siang bisa (atau sebaliknya ya?)
-...

Kemampuan ini adalah mukjizat, bukan pengobatan. Mukjizat tdk bisa di tiru. 

Bgmn menbedakannya antara Mukjizat dan Pengobatan?
-mukjizat tdk butuh waktu vs. pengobatan butuh waktu
- mukjizat tdk diikuti oleh  para sahabat.sebaliknya. 

ابرص : belang/kusta
Belang ini termasuk penyakit yg tdk mungkim disembuhkan pd masa itu.nabi Isa bs menyembuhkan.Bi idznillah

واحي الموت : menghidupkan orang mati

Satu lagi nabi Isa bisa mengetaui apa yg dimakan orang seseorang tanpa masuk kerumah mereka.


Syarat ibadah
-laa ila ha illallah (tauhid)
-caranya mengikuti sunnah Rasul

Syaitan bisa masuk dr amalan2 yg bid'ah dan yg tdk iklash
Oleh karena itu syaitan takut dr menggangu  seseorang yg mukhlish/ikhlaas

"Dan aku datang kepadamu membenarkan(mushoddiq) ajaran nabi sebelum ku..."

Pada masa nabi Isa masih menerapkan taurat 

Namun pda jaman nabi Muhammad.pernah menyuruh umar bin khatab membuang saat ia memegang lembar2 Taurat dan Injil karna saat itu sudah tercampur oleh perkataan pendeta.

Apapakah saat ini firman Allah masih ada di Injil dan Taurat?
Di taurot masih.di injil tdk ada.


Tdk ada hadist shahih yg menceritakan ttg harut dan marut kecuali yg ada di Al Quran.

Ada di Injil tpi tak boleh percaya krna tdk jelas ke shahihannya (bisa jadi dr gubahan pendeta dll)

Banyak saat ini yg masyarakat ini mengharamkan yg halal contoh:
-menharamkan menikahi wanita ahlul kitab, padahal boleh
-mengharamkan wanita haid membaca al Quran dan masuk mesjid. padahal boleh.

"Taati aku" nabi dan rasul mengatakan hal ini.tapi tdk bagi pemimpin.
Misal khalifah ,yg mereka katakan "taati aku slama aku tdk memerintahkan berbuat dosa"

Sedang rasul nabi maksum.jika salah langsung dluruskan oleh Allah

Catatan dri ibn Katsir:
Allah menyertakan rasul/nabinya musjizat sesuai dengan jamannya.
Misal nabis musa yg bisa mengubah tongkat jd ular karna saat ini banyak tukang sihir.
Pada jaman rasul/Nabi Muhammad d jaman jahiliyah, orang saat ini suka dengan fu'ah kata2 yg bagus. Maka rasul memiliki mukjizat sebaik2 nya perkataan.
Dan pada jaman nabi Isa kaumnya sdang tertarik dgn pengobatan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar