Kamis, 07 Agustus 2014

Silsilah Tauhid (15-17)

๐Ÿ“šSILSILAH TAUHID (15)๐Ÿ“œ

 ุดุฑูˆุท ุดู‡ุงุฏุฉ ุฃู† ู…ุญู…ุฏุง ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡

 Syarat-syarat persaksian Muhammad adalah utusan Allah (bagian-02)

 ุงู„ู…ุชุงุจุนุฉ ู„ู‡ ุจุฃู† ูŠุนู…ู„ ุจู…ุง ุฌุงุก ุจู‡ ู…ู† ุงู„ุญู‚ ูˆูŠุชุฑูƒ ู…ุง ู†ู‡ู‰ ุนู†ู‡ ู…ู† ุงู„ุจุงุทู„

 Mengikutinya dalam artian mengamalkan dengan apa saja yang dibawanya berupa kebenaran serta meninggalkan apa saja yang ia larang darinya berupa kebatilan.

 Berkata Syeikh Shalih Al Fauzan -hafidzahullah-:

"Dan ini adalah keharusan dari persaksian bahwa ia (Muhammad) adalah utusan Allah, yaitu Allah memerintahkan untuk taat kepadanya dan ditunjukkan dlm ayat yang sangat banyak...dst".
________
Lihat; Aqidah Tauhid (189)

 ๐Ÿ”ฆAllah -subhanahu wa ta'ala- berfirman:

 ู‚ู„ ุฅู† ูƒู†ุชู… ุชุญุจูˆู† ุงู„ู„ู‡ ูุงุชุจุนูˆู†ูŠ ูŠุญุจุจูƒู… ุงู„ู„ู‡ ูˆูŠุบูุฑ ู„ูƒู… ุฐู†ูˆุจูƒู…، ูˆุงู„ู„ู‡ ุบููˆุฑ ุฑุญูŠู…. (ุขู„ ุนู…ุฑุงู†؛ ูฃูก)

 "Katakanlah (wahai Muhammad), jika kalian mencintai Allah maka ikutilah aku maka niscaya Allah akan mencintai kalian dan mengampuni dosa-dosa kalian, sesungguhnya Allah maha pengampun lagi maha penyayang". QS. Ali 'Imran; 31.

 Berkata Ibnu Katsir -rahimahullah-:

"Ayat ini adalah hakim bagi siapa saja yang mengaku mencintai-Nya namun tidak diatas jalur yang diajarkan Nabi Muhammad, maka hakikatnya ia telah dusta dalam pengakuannya sampai ia mau mengikuti syari'at yang dibawa Nabi Muhammad dalam seluruh ucapannya, perbuatannya dan seluruh keadaannya".
________
Lihat Tafsir Ibnu Katsir.

๐Ÿ”ฆ Dan Allah -subhanahu wa ta'ala- berfirman:

 ูุฆุงู…ู†ูˆุง ุจุงู„ู„ู‡ ูˆุฑุณูˆู„ู‡ ุงู„ู†ุจูŠ ุงู„ุฐูŠ ูŠุคู…ู† ุจุงู„ู„ู‡ ูˆูƒู„ู…ุชู‡ ูˆุงุชุจุนูˆู‡ ู„ุนู„ูƒู… ุชู‡ุชุฏูˆู† (ุงู„ุฃุนุฑุงู؛ ูกูฅูจ)

 "Maka berimanlah kalian kepada Allah dan rasul-Nya yaitu seorang Nabi yang ummy yang beriman kepada Allah dan kalimat-Nya serta ikutilah ia agar kalian mendapatkan petunjuk". QS. Al A'raf; 158)

 Berkata Syeikh Abdurrahman As Sa'dy -rahimahullah-:

"(Dan berimanlah kalian kepada Allah dan rasul-Nya) yaitu dengan keimanan didalam hati yang mengharuskan padanya amalan hati dan anggota badan, (Yang beriman kepada Allah dan kalimat-Nya) yaitu berimanlah kalian dengan rasul yang lurus dalam aqidah dan amalannya ini, (dan ikutilah oleh kalian agar kalian mendapatkan petunjuk) yaitu pada mashlahat agama dan dunia kalian, karena sesungguhnya kalian jika tidak mengikutinya maka sungguh telah tersesat dengan kesesatan yang sejauh-jauhnya".
__________
Lihat: Tafsir As Sa'dy.
Wallahu a'lam.
Bersambung insya alloh...

✒Al Ustadz Abu Muhammad Fauzan
____________
๐Ÿ“šWA SDL
๐Ÿ’–Silsilah Durus Linnisa'๐Ÿ’–

๐Ÿ“šSILSILAH TAUHID (16)๐Ÿ“œ

 ุดุฑูˆุท ุดู‡ุงุฏุฉ ุฃู† ู…ุญู…ุฏุง ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡

Syarat-syarat Persaksian Muhammad adalah utusan Allah (bagian-03)

 ุชุตุฏูŠู‚ู‡ ููŠู…ุง ุฃุฎุจุฑ ุจู‡ ู…ู† ุฃู…ุฑ ูˆู†ู‡ูŠ ูˆุบูŠูˆุจ ู…ุงุถูŠุฉ ูˆู…ุณุชู‚ุจู„ุฉ ูˆุบูŠุฑ ุฐู„ูƒ

Membenarkan terhadap apa saja yang Beliau beritakan berupa perintah, larangan, perkara ghaib yang telah lalu dan akan datang dll.

๐Ÿ”ฆAllah -subhanahu wa ta'ala- berfirman:

 ุนุงู„ู… ุงู„ุบูŠุจ ูู„ุง ูŠุธู‡ุฑ ุนู„ู‰ ุบูŠุจู‡ ุฃุญุฏุง * ุฅู„ุง ู…ู† ุงุฑุชุถู‰ ู…ู† ุฑุณูˆู„ (ุงู„ุฌู†: ูขูฆ-ูขูง)

 "Dialah (Allah) yang maha mengetahui perkara ghaib yang tidak akan ditampakkan kepada seorangpun juga * kecuali kepada siapa saja yang diridhai dari para Rasul" (QS. Al Jin; 26-27)

Yaitu Allah -subhanahu wa ta'ala- menampakkan kepada Rasul-Nya beberapa perkara ghaib sebagai tanda kenabian serta kebenarannya, maka kewajiban seorang mukmin adalah untuk membenarkan apapun yang diberitakan tersebut, apakah berupa perkara ghaib atau berupa perintah maupun larangan, karena perkara tersebut seluruhnya datang dari sisi Allah -tabaraka wa ta'ala-.

 ูˆู…ุง ูŠู†ุทู‚ ุนู† ุงู„ู‡ูˆู‰ * ุฅู† ู‡ูˆ ุฅู„ุง ูˆุญูŠ ูŠูˆุญู‰ (ุงู„ู†ุฌู…؛ ูฃ-ูค)

 "Dan tidaklah ia (Muhammad) itu berucap dari hawa nafsunya * akan tetapi itu adalah wahyu yang diturunkan kepadanya". (QS. An Najm; 3-4)

Maka barangsiapa yang tidak membenarkan terhadap syariat yang Beliau bawa maka orang tersebut telah kafir.

๐Ÿ”ฆAllah -subhanahu wa ta'ala- juga berfirman:

 ูˆู…ุง ุกุงุชูƒู… ุงู„ุฑุณูˆู„ ูุฎุฐูˆู‡ ูˆู…ุง ู†ู‡ุงูƒู… ุนู†ู‡ ูุงู†ุชู‡ูˆุง (ุงู„ุญุดุฑ؛ ูง)

 "Dan apapun yang didatangkan Rasul kepada kalian maka ambillah dan apapun yang ia larang maka jauhilah". (QS. Al Hasyr; 7)

Berkata As Sa'dy -rahimahullah- dalam tafsirnya:

"Dan (ayat) ini melingkup agama seluruhnya -dzahir dan bathin- dan apapun yang didatangkan rasul -shalallahu 'alaihi wa sallam- adalah kewajiban bagi setiap hamba untuk mengambil serta mengikutinya dan tidak halal untuk menyelisihinya, dan bahwa ketetapan rasul pada hukum terhadap sesuatu sama halnya seperti ketetapan Allah ta'ala, tidak ada rukhshah (keringanan) serta udzur bagi seorangpun untuk meninggalkannya, dan tidak boleh mengkedepankan ucapan seorangpun dari ucapan Beliau -shalallahu 'alaihi wa sallam-".
Wallahu a'lam.
Bersambung...

✒ Al Ustadz Abu Muhammad Fauzan
____________
๐Ÿ“šWA SDL
๐Ÿ’–Silsilah Durus Linnisa'๐Ÿ’–
๐Ÿ“šSILSILAH TAUHID (17)๐Ÿ“œ

ุดุฑูˆุท ุดู‡ุงุฏุฉ ุฃู† ู…ุญู…ุฏุง ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡

Syarat-syarat persaksian bahwa Muhammad adalah utusan Allah (bagian-04)

ู…ุญุจุชู‡ ุฃุดุฏّ ู…ู† ู…ุญุจุฉ ุงู„ู†ูุณ ูˆุงู„ู…ุงู„ ูˆุงู„ูˆุงู„ุฏ ูˆุงู„ูˆู„ุฏ ูˆุงู„ู†ุงุณ ุฃุฌู…ุนูŠู†

Kecintaan terhadapnya -shalallahu 'alaihi wa sallam melebihi dari kecintaan terhadap diri sendiri, harta benda, orang tua, anak-anak dan manusia seluruhnya.

๐Ÿ”ฆDari Anas bin Malik -radhiyallahu 'anhu- berkata:
Rasulullah -shalallahu 'alaihi wa sallam- bersabda:

ู„ุง ูŠุคู…ู† ุฃุญุฏูƒู… ุญุชู‰ ุฃูƒูˆู† ุฃุญุจ ุฅู„ูŠู‡ ู…ู† ูˆุงู„ุฏู‡ ูˆูˆู„ุฏู‡ ูˆุงู„ู†ุงุณ ุฃุฌู…ุนูŠู†.
 ู…ุชูู‚ ุนู„ูŠู‡

"Tidaklah salah seorang diantara kalian beriman hingga menjadikan aku lebih ia cintai daripada orang tuanya, anaknya dan manusia seluruhnya".
Muttafaqun 'alaih.

๐Ÿ”ฆDari Abu Hurairah -radhiyallahu 'anhu- berkata:
Rasulullah -shalallahu 'alaihi wa sallam- bersabda:

ููˆุงู„ุฐูŠ ู†ูุณูŠ ุจูŠุฏู‡, ู„ุง ูŠุคู…ู† ุฃุญุฏูƒู… ุญุชู‰ ุฃูƒูˆู† ุฃุญุจ ุฅู„ูŠู‡ ู…ู† ูˆุงู„ุฏู‡ ูˆูˆู„ุฏู‡.
ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุจุฎุงุฑูŠ

"Demi Dzat yang jiwaku berada ditangan-Nya, tidaklah salah seorang diantara kalian beriman hingga ia menjadikan aku lebih ia cintai dari orang tua dan anaknya".
HR. Bukhari (14).

Dengan dasar inilah ukuran cinta seorang muslim sejati, sehingga ia lebih mendahulukan kecintaan kepada Allah dan rasul-Nya daripada kecintaan mereka kepada siapapun dari kalangan manusia dan dari kepentingan dunia maupun syahwatnya.

๐Ÿ”ฆDari Abdullah bin Hisyam -radhiyallahu 'anhu- berkata:

"Kami pernah bersama Rasulullah -shalallahu 'alaihi wa sallam- dan beliau memegang tangan Umar bin Khathab -radhiyallahu 'anhu-, maka Umar -radhiyallahu 'anhu- pun berkata:

ูŠุง ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡, ู„ุฃู†ุช ุฃุญุจ ุฅู„ูŠ ู…ู† ูƒู„ ุดูŠุก ุฅู„ุง ู…ู† ู†ูุณูŠ

Wahai Rasulullah, sungguh engkau lebih aku cintai dari segala sesuatu kecuali diriku

Maka Nabi -shalallahu 'alaihi wa sallam- bersabda:

ู„ุง, ูˆุงู„ุฐูŠ ู†ูุณูŠ ุจูŠุฏู‡, ุญุชู‰ ุฃูƒูˆู† ุฃุญุจّ ุฅู„ูŠูƒ ู…ู† ู†ูุณูƒ

Tidak!! Demi Dzat yang jiwaku berada ditangan-Nya, bahkan sampai aku lebih engkau cintai daripada dirimu sendiri

Maka Umar -radhiyallahu 'anhu- berkata:

ูุฅู†ู‡ ุงู„ุขู† ูˆุงู„ู„ู‡ ู„ุฃู†ุช ุฃุญุจّ ุฅู„ูŠّ ู…ู† ู†ูุณูŠ

Maka sungguh saat ini, demi Allah, sungguh engkau lebih aku cintai daripada diriku sendiri

Maka Nabi -shalallahu 'alaihi wa sallam- bersabda:

ุงู„ุขู† ูŠุง ุนู…ุฑ

Sekarang barulah (benar) wahai Umar".
HR. Bukhari (6257).

Sifat kecintaan seperti inilah yang bisa melahirkan sifat pengorbanan pada diri para sahabat untuk membela Rasulullah -shalallahu 'alaihi wa sallam- sampai tetes akhir darah mereka, karena mereka lebih mencintai beliau -shalallahu 'alaihi wa sallam- dari jiwa raga mereka sendiri.
Wallahu a'lam.

Bersambung...

✒Al Ustadz Abu Muhammad Fauzan
___________
๐Ÿ“šWA SDL
๐Ÿ’–Silsilah Durus Linnisa'๐Ÿ’–
๐Ÿ“šSILSILAH TAUHID (18)๐Ÿ“œ

ุดุฑูˆุท ุดู‡ุงุฏุฉ ุฃู† ู…ุญู…ุฏุง ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡

Syarat-syarat persaksian Muhammad adalah utusan Allah (bagian-5)

ุชู‚ุฏูŠู… ู‚ูˆู„ู‡ ุนู„ู‰ ูƒู„ ุฃุญุฏ ู…ู† ุงู„ู†ุงุณ ูƒุงุฆู†ุง ู…ู† ูƒุงู† ูˆุงู„ุนู…ู„ ุจุณู†ุชู‡

Mendahulukan ucapannya -shalallahu 'alaihi wa sallam- dari seluruh ucapan seluruh manusia siapapun juga serta beramal dengan sunnahnya.

๐Ÿ”ฆAllah -subhanahu wa ta'ala- berfirman:

ูŠุง ุฃูŠู‡ุง ุงู„ุฐูŠู† ุกุงู…ู†ูˆุง ู„ุง ุชู‚ุฏู…ูˆุง ุจูŠู† ูŠุฏูŠ ุงู„ู„ู‡ ูˆุฑุณูˆู„ู‡ ูˆุงุชู‚ูˆุง ุงู„ู„ู‡ ุฅู† ุงู„ู„ู‡ ุณู…ูŠุน ุนู„ูŠู…

"Wahai orang-orang yang beriman, janganlah kalian mendahului Allah dan Rasul-Nya, dan bertakwalah kalian kepada Allah, sesungguhnya Allah maha mendengar lagi maha mengetahui".
QS. Al Hujurat: 1.

Berkata Ibnu Katsir -rahimahullah-:

"Yaitu; janganlah kalian bersegera kepada perkara-perkara yang ada dihadapan kalian yaitu sebelumnya, bahkan kalian harus menjadi pengikutnya pada seluruh perkara".
____
Tafsir Ibnu Katsir.

Dan mengikuti Rasulullah -shalallahu 'alaihi wa sallam- dalam segala perkara ini adalah merupakan bukti kecintaan seorang hamba pada Allah -subhanahu wa ta'ala-.

๐Ÿ”ฆAllah -subhanahu wa ta'ala- berfirman:

ู‚ู„ ุฅู† ูƒู†ุชู… ุชุญุจูˆู† ุงู„ู„ู‡ ูุงุชุจุนูˆู†ู‰ ูŠุญุจุจูƒู… ุงู„ู„ู‡ ูˆูŠุบูุฑ ู„ูƒู… ุฐู†ูˆุจูƒู… ูˆุงู„ู„ู‡ ุบููˆุฑ ุฑุญูŠู…

"Katakanlah (wahai muhammad): jika kalian mencintai Allah maka ikutilah aku maka niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosa kalian, sesungguhnya Allah maha pengampun lagi maha penyayang".
QS. Ali 'Imran: 31.

Bahkan Allah -subhanahu wa ta'ala- telah mempersiapkan siksaannya bagi setiap orang yang membangkang dan tidak mau mengikuti Rasulullah -shalallahu 'alaihi wa sallam-.

๐Ÿ”ฆAllah -subhanahu wa ta'ala- berfirman:

ูˆู…ู† ูŠุดุงู‚ู‚ ุงู„ุฑุณูˆู„ ู…ู† ุจุนุฏ ู…ุง ุชุจูŠู† ู„ู‡ ุงู„ู‡ุฏู‰ ูˆูŠุชุจุน ุบูŠุฑ ุณุจูŠู„ ุงู„ู…ุคู…ู†ูŠู† ู†ูˆู„ู‡ ู…ุง ุชูˆู„ู‰ ูˆู†ุตู„ู‡ ุฌู‡ู†ู… ูˆุณุงุฆุช ู…ุตูŠุฑุง

"Dan barangsiapa yang menentang Rasul setelah jelas baginya petunjuk, lalu dia mengikuti selain jalannya orang-orang yang beriman, maka kami akan palingkan ia kepada sesuatu yang ia berpaling padanya, lalu kami masukkan ia kedalam neraka jahannam, dan itu adalah sejelek-jelek tempat kembali".
QS. An Nisa': 115.

Oleh sebab itulah seorang muslim yang sejati selalu mendahulukan Allah dan Rasul-Nya dalam segala urusannya, sehingga apapun yang mereka amalkan sesuai dengan petunjuk dan tuntunan Rasulullah -shalallahu 'alaihi wa sallam-, dan pedoman mereka adalah firman Allah -subhanahu wa ta'ala-:

ูˆู…ุง ุกุงุชุงูƒู… ุงู„ุฑุณูˆู„ ูุฎุฐูˆู‡ ูˆู…ุง ู†ู‡ุงูƒู… ุนู†ู‡ ูุงู†ุชู‡ูˆุง

"Apapun yang didatangkan Rasul kepada kalian maka ambillah, dan apapun yg dilarang Rasul kepada kalian maka tinggalkanlah".
QS. Al Hasyr: 7.
Wallahu a'lam.

Bersambung...

✒Al Ustadz Abu Muhammad Fauzan
___________
๐Ÿ“šWA SDL
๐Ÿ’–Silsilah Durus Linnisa'๐Ÿ’–

Tidak ada komentar:

Posting Komentar